Jumat, 27 Maret 2009

Pantai Panjang Objek Wisata Andalan Bengkulu

Selasa, 08 Juli 2008 11:20.37 WIB
Harry - Wisatanet.com
Pantai Panjang merupakan objek wisata andalan Bengkulu yang selama ini cukup banyak dikunjungi wisatawan, kata Kepala Dinas Pariwisata, Edi Nevian, di Bengkulu.

Hamparan pasir putih yang bersih dan berkilau ketika terkena sinar matahari siap menyambut para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut.

"Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Panjang akan puas dan dapat menikmati rekreasi dengan nyaman dan aman. Mereka bisa duduk atau bahkan tiduran di atas pasir yang putih dan bersih," katanya.

Pantai Panjang memiliki panjang tujuh kilometer dan merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia, dan selama ini menjadi salah satu objek wisata paling ramai dikunjung wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Lokasi tersebut merupakan pusat pembangunan kawasan wisata internasional yang mulai dibangun sejak pertengahan 2007 dan ditargetkan selesai pada 2008, dengan total anggaran mencapai Rp1 triliun.

"Selain bisa menikmati keindahan dan kelembutan pasir putih, pengunjung Pantai Panjang juga bisa melihat keindahan matahari terbenam serta memandang hamparan Samudera Indonesia," katanya.

Pantai Panjang juga memiliki kekhasan dibandingkan pantai-pantai lain di Indonesia, yakni di sepanjang pantai itu ditumbuhi cemara laut, yang merupakan salah satu tumbuhan dilindungi.

Letak Pantai Panjang, hanya 4 Km dari pusat kota Bengkulu dan mudah dicapai dengan kendaraan umum.

Di sekitar kawasan objek wisata itu, kata Edi, juga telah tersedia pondok-pondok peristirihatan seperti shelter, rumah makan, cottages, tempat hiburan, dan hotel berbintang.

"Di lokasi pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam sarana dan prasarana pendukung pariwisata, seperti jalan aspal yang bisa dilewati kendaraan, aliran listrik, dan lain-lain yang sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga," terang Edi Nevian.

Pantai Panjang merupakan satu dari 80 objek wisata yang teridentifikasi dan memiliki kekhasan, terdiri dari 14 objek wisata pantai, delapan tirta (air), 22 tempat bersejarah dan 36 panorama alam.
Sumber; media-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar