Jumat, 27 Maret 2009

Pantai Tanjung Karang, Objek Wisata Favorit Bagi Warga Palu



Harry - Wisatanet.com
Berbeda dengan kondisi dua puluh lima tahun lalu, kini Pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulteng, sudah berubah menjadi objek wisata favorit bagi warga Palu dan daerah sekitarnya.

Wisatawan kini dapat menikmati pemandangan terbuka Teluk Palu dan Selat Makassar nan luas. Kapal yang masuk-keluar Pelabuhan Pantoloan serta hilir-mudik perahu nelayan di Teluk Palu, menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Bahkan kalau malam hari, suasana semakin indah sebab lampu penerang aneka warna dari kejauhan berkelap-kelip, selain sinar Mercusuar yang dibangun oleh Departemen Perhubungan di sudut tanjung ini.

Ikhsan, petugas di pintu masuk, mencatat sedikitnya 200 kendaraan roda empat dan dua masuk-keluar di objek wisata Tanjung Karang setiap hari libur, bahkan angka ini meningkat pesat setelah Pemprov Sulteng mencanangkan lima hari kerja sejak pertengahan April 2007.

"Pengunjung pada Sabtu, Minggu, dan hari libur, paling banyak. Totalnya bisa mencapai seribuan orang," kata dia.

Untuk memberikan pelayanan bagi para wisatawan, yang umumnya wisatawan keluarga, penduduk setempat membangun dan menyewakan puluhan penginapan sederhan, yang terbuat dari kayu dan beratap daun sagu.

Tarifnya relatif murah, antara Rp100 ribu hingga Rp300 ribu sehari-semalam untuk masing-masing "cottage" yang memiliki satu kamar tidur, satu ruang terbuka sebagai teras, dan satu kamar mandi. Tarif ini tidak termasuk makan dan minum.
Sumber: media-indonesia.com

2 komentar: